LKPD BIOLOGI FASE F
SMA NEGERI 10 TANJUNG JABUNG TIMUR |

Lembar Kerja Peserta Didik PBL (Problem Based Learning)
Biologi kelas Fase F.XI
SISTEM PENCERNAAN
(MENGHITUNG BODY MASS INDEX (BMI), BASAL METABOLIC RATE (BMR)) DAN MENYUSUN MENU SEIMBANG
ANGGOTA : |
KELOMPOK …… …….. |
1. …………………….. 2. …………………….. 3. ……………………… 4. …………………….. 5. ............................. |
![]() |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut. |

TUJUAN PEMBELAJARAN |
![]() |
11.5.1 Peserta didik mampu menghitung kalori BMI dan BMR melalui pembelajaran STEAM dengan baik dan benar |

KKTP |
|
![]() |
TUGAS
Temukanlah permasalahan yang terdapat di dalam video dan carilah solusi atas permasalahan tersebut!
Kalian dapat mengunjungi alamat web di bawah ini sebagai literatur referensi untuk menyelesaikan tugas ini. https://drive.google.com/file/d/1CYgcMJpkBvmg343pHGBmoI2SkB3Q0AlK/view?usp=sharing (bahan)
|
![]() |
Aktivitas Peserta Didik
1. Orientasi Peserta Didik pada Masalah |
![]() |
- Perhatikan Video berikut ini!
https://www.youtube.com/watch?v=VrnTQC9J6Qw
Tuliskan permasalahan yang ananda temukan setelah melihat tayangan dari video tersebut!
- Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya obesitas pada arya
................................................................................................................................................
- Apa kah dampak apa yang di timbulkan dari obesitas yang dialami arya
................................................................................................................................................
- Bagaimana cara pencegahan obesitas
................................................................................................................................................
- Bagaimana cara menanggulangi obesitas
2. Pembagian tugas kelompok |
................................................................................................................................................
Peserta didik berdiskusi di dalam kelompok dan membagi tugas menyelesaikan masalah.
3. Berdiskusi penyelidikan Individu dan Kelompok |
Link LKPD :
Peserta didik melakukan penyelidikan menggunakan sumber referensi untuk bahan diskusi.
Petunjuk pengisian lkpd
-
- Setelah ananda mengukur berat badan dan tinggi badan pada tiap kelompok, masukkan hasil pengukuran tersebut ke dalam aplikasi BMI dan BMR yang telah disediakan sebelumnya
Aplikasi Kalkulator Online BMR (Kalkulator BMR - Cara Menghitung Bmr Adalah (calculator-online.net)
Aplikasi Kalkulator Online BMI (Kalkulator Bmi (IMT) - Menghitung Indeks Massa Tubuh (calculator-online.net)
-
- Catatlah hasil perhitungan Body Mass Index (BMI) dan Basal Metabolic Rate
(BMR) masing-masing anggota kelompok
-
- Analisislah hasil perhitungan Body Mass Index (BMI) dan Basal Metabolic Rate
(BMR) ke dalam Klasifikasi BMI menurut Kemenkes RI
-
- Lakukanlah penyelidikan tentang kategori Body Mass Index (BMI) dan Basal Metabolic Rate (BMR) masing-masing anggota kelompok.
- Diskusikan dengan kelompok Anda tentang perancangan menu makanan sehat yang akan dibuat berdasarkan hasil perhitungan Body Mass Index (BMI) dan Basal Metabolic Rate (BMR).
Rumus mencari berat badan ideal
Berat badan ideal : Tinggi badan (cm) – 100 = x
X – 10% dari X
Misal
Tinggi badan 160 cm
Berat badan ideal : 160 – 100 = 60
10% dari 60 = 6
Maka berat badan ideal = 60 kg – 6 kg = 54 kg.
Rumus mencari BMI
BMI = Berat Badan (kg) / (Tinggi Badan)2 (m)
Misal
Budi seorang pelajar usia 17 tahun memiliki berat badan 80 kg dan tinggi badan 160 cm ( 1,6 m )
BMI = 80 = 80 = 31,25
1,62 1,56
BMI = 31, 25 ( gemuk , kategori kelebihan berat badan tingkat berat )
Tabel Klasifikasi BMI
Aplikasi Kalkulator Online BMI (Kalkulator Bmi (IMT) - Menghitung Indeks Massa Tubuh (calculator-online.net)
Aplikasi Kalkulator Online BMR (Kalkulator BMR - Cara Menghitung Bmr Adalah (calculator-online.net)
Lembar Kerja
Tabel 3.1 : Pengamatan pengukuran Body Mass Index (BMI)
No. |
Nama Praktikan |
Usia (th) |
P/L |
Berat Badan (kg) |
Tinggi Badan (cm) |
BMI / IMT |
Kriteria |
Berat badan ideal |
1 |
Budi |
17 |
L |
80 |
160 |
31,25 |
Obesitas II |
54 kg |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 3.2 : Pengamatan pengukuran Basal Metabolic Rate (BMR)
No. |
Nama Praktikan |
P/L |
Berat Badan (BB) |
BMR |
Kebutuhan Kalori/Hari |
1 |
Budi |
17 |
80 |
1722,19 |
2368,01 kkal |
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
Buatlah menu makanan sehat dengan gizi seimbang berdasarkan hasil perhitungan jumlah BMI dan BMR yang telah kalian lakukan dalam bentuk poster.
Persentasikan hasil kerja kelompok ananda di depan kelas dengan mengikuti aturan – aturan dalam diskusi
4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya |
5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah |
![]() |
Buatlah kesimpulan berdasarkan hasil diskusi dari masukan dari kelompok lain!
0 Komentar
Tambahkan Komentar