Penilaian Sumatif Akhir Tahun (PSAT) Tahun 2023-2024

   

Tanggal 29 Mei   – 05 Juni 2024 merupakan waktu untuk mengukur kemampuan peserta didik di SMA N 10 Tanjung Jabung Timur sebagai hasil akhir pembelajaran di semester 2 Tahun Ajaran 2023/2024. Penilaian Sumatif Akhir Tahun (PSAT) dilaksanakan secara tatap muka di sekolah yang sudah terjadwal pada kalender pendidikan di Propinsi Jambi. Pada tanggal tersebut para siswa berjuang dan bertarung dengan soal yang dikerjakan dengan mengunakan Android siswa masing – masing melalui aplikasi CBT yang sudah disiapkan oleh sekolah. SMA N 10 Tanjung Jabung Timur melaksanakan kegiatan pencapaian kompetensi akhir  tersebut  Penilaian Sumatif Akhir Tahun (PSAT) genap diikuti oleh siswa Fase E berjumalah 79 siswa dan Fase F 89 siswa yang telah melaksanakan Kurikulum Merdeka sebagai dasar hasil capaian setiap fase pembelajaran.

Soal PSAT disusun sesuai dengan tujuan Pembelajaran setiap mata pelajaran yang telah dipelajari. Penilaian Sumatif Akhir Tahun (PSAT) semester genap  Tahun Pelajaran 2023-2024 merupakan  kegiatan yang dilakukan di akhir Semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi seluruh peserta didik pada akhir tahun. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan kompetensi dasar pada semester genap.

Pada Kurikulum Merdeka manfaat asesmen sumatif memudahkan guru dalam menentukan nilai atau grade setiap anak didik sebagai umpan balik bagi guru, menentukan kenaikan kelas/fase atau kelulusan di jenjang pendidikan,  informasi kemajuan belajar siswa sekaligus bahan laporan ke orang tua dan tenaga kependidikan lainnya. Pemerintah sudah mengatur pembelajaran dan asesmen dalam Kurikulum Merdeka secara lengkap dan detail berdasarkan Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang pendidikan. Dengan harapan, pembelajaran dan asesmen yang telah diatur ini dapat menjadi acuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang bermakna sehingga dapat menciptakan siswa yang lebih kreatif, berpikir kritis, dan inovatif dengan prinsip-prinsip dasar asesmen Kurikulum Merdeka yang harus diperhatikan guru adalah bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali.

enilaian sumatif akhir tahun memiliki beberapa tujuan penting dalam konteks pendidikan. Berikut adalah beberapa tujuan utama dari penilaian ini:

  1. Evaluasi Pencapaian Belajar Siswa: Penilaian sumatif akhir tahun bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan selama tahun ajaran. Hal ini mencakup penilaian atas pemahaman materi, keterampilan, dan kompetensi yang telah diajarkan.

  2. Penentuan Kenaikan Kelas: Hasil dari penilaian sumatif sering digunakan sebagai salah satu faktor penentu apakah seorang siswa layak untuk naik ke tingkat kelas berikutnya. Penilaian ini membantu memastikan bahwa siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

  3. Pemberian Umpan Balik kepada Siswa dan Orang Tua: Melalui penilaian sumatif, siswa dan orang tua mendapatkan gambaran yang jelas mengenai perkembangan akademik siswa selama tahun ajaran. Hal ini dapat menjadi dasar untuk diskusi mengenai kekuatan dan area yang perlu perbaikan.

  4. Perencanaan Pembelajaran Selanjutnya: Hasil penilaian sumatif dapat digunakan oleh guru dan sekolah untuk merencanakan kegiatan pembelajaran di tahun ajaran berikutnya. Data ini dapat membantu dalam mengidentifikasi area yang memerlukan perhatian khusus atau penyesuaian dalam metode pengajaran.

  5. Akuntabilitas Sekolah dan Guru: Penilaian sumatif juga berfungsi sebagai alat untuk mengukur efektivitas pengajaran dan kurikulum yang diterapkan oleh sekolah dan guru. Ini membantu dalam memastikan bahwa standar pendidikan terpenuhi dan memberikan dasar untuk perbaikan jika diperlukan.

  6. Motivasi bagi Siswa: Mengetahui bahwa akan ada penilaian sumatif di akhir tahun dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk belajar dengan lebih tekun dan serius sepanjang tahun ajaran. Hasil dari penilaian ini seringkali menjadi refleksi dari usaha yang telah dilakukan selama tahun ajaran.

Penilaian sumatif akhir tahun, dengan demikian, memainkan peran yang krusial dalam proses pendidikan, membantu dalam berbagai aspek mulai dari evaluasi dan umpan balik hingga perencanaan dan akuntabilitas.